Tutorial Polaroid SMP

by | Jul 5, 2018 | Akal-akalan | 0 comments

waktu saya melihat feed Instagram saya, saya ngebatin, “Kok kuning semua?”. Di feed saya akhir-akhir ini berisi konten-konten promo tulisan yang saya buat di Aksarayana. Saya menulis Salam Manis Pacar di sana, SMP—biasa kami singkat—itu bentukan epistolari antara dua orang yang sedang jatuh cinta. SMP adalah bagian dari projek Botolan yang ada di sana—botolan karena memang tema yang diangkat itu botol, atau ya … itu tema semau-maunya aja, cocoklogi. Konsep promonya memang memakai warna dominan kuning. Tapi lama-kelamaan kok jadi kuning semua? Hampir sama setiap promo, yang berbeda paling cuma angka surat dan isi botol yang ditambah dan dikurang.

Enggak masalah, sih, dengan kuning. Tapi cara promo mesti dirombak ulang supaya enggak bosan aja. Ini juga tentang bagaimana caranya supaya promo ngasih konteks ke cerita yang dibawa. Akhirnya Uni Octa ngebantu saya untuk ngekonsep ulang image promo dengan konsep polaroid. Alasannya karena SMP itu isinya kenangan yang diingat lagi dan dirasakan lagi. Polaroid pas untuk itu. Image promo ini dibuat dengan Photoshop.

Di tutorial ini kita akan membuat ini:

Saya akan menyertakan master file untuk tutorial ini untuk memudahkan kamu agar bisa langsung saja mengganti foto yang akan digunakan. Kalau kamu pengguna Photoshop yang sudah paham tentang layer dan sebagainya, kamu bisa melihat bagaimana saya menyusun layers-nya di sana. Bisa jadi Photoshop yang kita pakai mungkin berbeda versi, saya akan mengunggah master file dengan ekstensi Photoshop versi paling lama.

Klik tombol di bawah ini untuk mengunduh, ya:

Oke, cukup basa-basinya.

TUTORIAL

1. Siapkan foto yang mau dibuat versi polaroidnya. Kita bisa mencari foto-foto yang kamu mau di unsplash.com atau pixelbay.com.

Foto yang akan saya pakai di tutorial ini:

2. Kita sesuaikan ukuran foto yang kita dapat supaya pas di template.

Buka foto yang kamu pilih dengan Photoshop.

Pilih rectangle marque di sebelah kiri layar, lalu hold and drag bagian yang kamu mau. Potong hasil seleksi tadi. Image > crop.

Ubah ukuran foto di image > image size dengan ukuran 1300 px untuk lebar dan 1200 px untuk tinggi.

3. Sekarang foto sudah siap dimasukkan ke template.

Buka file master polaroid Salam Manis Pacar.

Copy > paste image tadi ke template.

Atur posisi foto yang kamu copy tadi sehingga pas dengan foto yang ada dibelakang.

Kalau foto sudah pas di posisi, lihat bagian layer di pojok kanan bawah layar. Lihat kan posisi foto yang kita copy-paste tadi? Posisinya di layer paling atas. Drag layer layer ke bawah layer ‘photo filter’.

Drag efek ‘drop shadow’ dari layer ‘photo filter’ ke layer foto yang baru. Setelah itu, delete layer ‘photo filter’.

Masih di layer. Pilih layer foto yang kita buat. Terlihat tulisan ‘opacity’ di kanan atas tab layer? Di sampingnya juga ada presentase? Jadiin presentasenya dari 100% ke 80%. Opacity juga biasa kita sebut sama transparansi. Perlu diturunkan untuk membuat fotonya enggak terlalu jelas sebagai efek.

Masih di layer foto yang kita buat. Sekarang kita ingin menambahkan efek ‘noise’ foto. Pilih menu filter lalu add noise: filter > noise > add noise. Setelah itu masukkan nilai 8. Kamu bisa pakai berapapun nilai yang kamu mau, sih, tapi saya biasanya pakai 8 atau 10.

4. Kamu bisa mengganti tulisannya dengan tulisan apapun yang kamu inginkan. Tinggal edit saja layer-nya.

Selesai!